YES RADIO, Cilacap : Menyambut berlakukanya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 pada Sabtu, 1 Februari 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto akan mengoperasikan perjalanan baru KA Sancaka Utara dengan relasi Cilacap–Surabaya Pasar Turi PP.
“KAI Daop 5 Purwokerto terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirkan KA Sancaka Utara, yang akan melayani perjalanan Cilacap–Surabaya Pasar Turi PP. KA ini terdiri dari dua kelas layanan, yaitu eksekutif dan bisnis. Dalam satu rangkaian terdapat empat kereta kelas eksekutif dengan total kapasitas 200 tempat duduk serta empat kereta kelas bisnis dengan kapasitas 256 tempat duduk, sehingga total daya tampung mencapai 456 penumpang,” ujar Manager Humas Daop 5 Purwokerto – Feni Novida Saragih.
Hadirnya KA Sancaka Utara diharapkan dapat menjadi pilihan baru bagi masyarakat Cilacap yang ingin menuju Surabaya Pasar Turi.
Sebelumnya, perjalanan dari Cilacap hanya tersedia dengan tujuan akhir Stasiun Ketapang Banyuwangi melalui Surabaya Gubeng.
Perjalanan perdana KA Sancaka Utara (KA 236F) dijadwalkan berangkat dari Stasiun Cilacap pukul 17.10 WIB, dengan pemberhentian di sejumlah stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto, seperti Gumilir, Maos, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo, serta 13 stasiun lainnya sebelum tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi pada pukul 02.58 WIB.
Sebaliknya, KA Sancaka Utara (KA 233F) relasi Surabaya Pasar Turi–Cilacap akan berangkat pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pada pukul 15.58 WIB.
Tarif tiket KA Sancaka Utara ditetapkan mulai dari Rp265.000 hingga Rp480.000 untuk kelas eksekutif, serta Rp180.000 hingga Rp320.000 untuk kelas bisnis.
Tiket perjalanan dengan KA ini sudah dapat dipesan untuk keberangkatan mulai 1 Februari 2025 melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta kanal pemesanan resmi lainnya yang bekerja sama dengan PT KAI.
“Dengan hadirnya KA Sancaka Utara, kami berharap dapat memberikan alternatif transportasi bagi masyarakat Cilacap dan sekitarnya, dengan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta ketepatan waktu dalam pelayanan,” imbuh Feni.